PRAMUKA ADA DI LAPAS PANGKALAN BUN


Satu-satunya di Kalteng, di Lapas Ini Ada Gerakan Pramuka


Sejumlah wargaa binaan Lapas KlasII B Pangkalan Bun berbaris rapi saat mengikuti upacara Kesadaran Nasional, Jumat (17/2). (Dok. Lapas Pangkalan Bun)

PROKAL.CO, PALANGKA RAYA - Setiap tanggal 17, Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) KlasII B Pangkalan Bun menggelar upacara hari Kesadaran Nasional. Menariknya, petugas upacara merupakan warga binaan pemasyarakatan (WBP) setempat. Demikian pula saat melaksanakan upacara yang dilangsungkan kemarin.
"INI Salah satu kegiatan pembinaan yang diberikan lapas yakni dengan membangun gerakan Pramuka WBP," kata Kepala Lapas, Arief Gunawan yang bertindak sebagai inspektur upacara.
Gerakan pramuka WBP, jelas, Arief, bertujuan untuk membentuk kepribadian yang beriman, bertakwa dan berakhlak mulia bagi wargaan binaan. "Memiliki kecakapan hidup sebagai kader bangsa dalam menjaga dan membangun Negara, mengamalkan Pancasila serta melestarikan lingkungan hidup," ucapnya.
Arief menambahkan, kepramukaan juga membantu para WBP seakan merasa di lingkungan masyarakat, karena jarang sekali ada gerakan kepramukaan di lapas maupun rutan.
"Gerakan pramuka Lapas Pangkalan Bun satu-satunya pembinaan kepramukaan di jajaran Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kalteng," ungkapnya.
Arief mengungkapkan, Lapas Pangkalan Bun akan dijadikan sebagai pilot project utk UPT Pemasyarakatan se-Kalteng. Sebagai lapas dengan zona integritas wilayah bebas korupsi. (alh/ang)
Sumber: http://www.prokal.co/