Arti Tanda Kecakapan Umum Penegak

Arti Tanda Kecakapan Umum (TKU) Pramuka Penegak; Tanda Kecakapan Umum Penegak yang biasa dipasang di kedua pundak baju seragam pramuka bukan sekedar tanda tanpa arti. Sebaliknya, dari setiap komponennya terkandung arti dan makna filosofi yang dalam.

Tanda Kecakapan Umum (TKU) Pramuka Penegak merupakan salah satu Tanda Kecakapan (bagian dari Tanda Pengenal) dalam Gerakan Pramuka. Tanda ini dikenakan bagi para pramuka penegak yang telah menyelesaikan dan dilantik SKU Penegak.

Sesuai dengan tingkatan dalam Kecakapan Umum (SKU) Penegak, TKU untuk pramuka penegak memiliki dua tingkatan yaitu TKU Penegak Bantara dan TKU Penegak Laksana. Antara kedua Tanda Kecakapan tersebut hanya dibedakan dengan tulisan "BANTARA" atau "LAKSANA" yang terdapat di bagian bawah TKU.
KU Pramuka Penegak Bantara dikenakan oleh pramuka penegak yang telah menyelesaikan dan dilantik SKU Penegak Bantara. Pun Tanda Kecakapan Umum Laksana dikenakan oleh pramuka penegak yang telah menyelesaikan SKU dan dilantik menjadi Penegak Laksana