ANEKA GAMES PRAMUKA SIAGA

Aneka Games Pramuka Siaga

Kepiting Berjalan
Sasaran : 
Keterampilan dan melatih panca indera
Alat : 
Sapu tangan, Sal atau Setangan Leher
Kegiatan :
  • Yanda/Bunda menentukan jarak garis Start (mulai) dan garis Finish (berhenti).
  • Setiap Barung diwakili satu orang anggotanya.
  • Para peserta ditutup matanya dengan sapu tangan, sal atau setangan leher.
  • Peserta bersiap-siap pada garis start dengan posisi berderet kesamping dalam keadaan merangkap kaki (kaki dan tangan bertumpu pada tanah)
  • Bila Yanda/Bunda memberikan aba-aba mulai, para peserta harus berjalan merangkak kesamping layaknya seekor kepiting berjalan hingga garis finish. 
  • Peserta diusahakan jangan salah arah, peserta yang lebih dulu mencapai finish, dinyatakan sebagai pemenang.
 Menjala Ikan
Sasaran : 
Mencairkan Kebekuan dan melatih kerjasama kelompok
Alat : 
Tali Pramuka/Rapia
Kegiatan :   
  • Arena permainan dibatasi dengan membuat lingkaran ataupun persegi empat.
  • Salah satu barung berperan sebagai penjala ikan, sedangkan barung yang lain sebagai ikannya.
  • Setelah Yanda/Bunda memberikan aba-aba mulai, penjala ikan merentangkan tali sebagai jalanya dan berusaha menangkap ikan-ikan yang berenang (berlari) kesana kemari untuk meghindari jala. Barung yang menjadi ikan harus terus berlarian untuk menghindari jala, tetapi tidak boleh keluar dari batas-batas yang telah ditentukan
  •  Bagi peserta yang terkena jaring dinyatakan mati dan harus keluar dari permainan.
Penutup :
  • Yanda atau Bunda bertanya kepada masing-masing siaga untuk memberikan tanggapan bagaimana menjadi nelayan. 
  • Yanda atau Bunda memberikan rangsangan kepada siaga untuk mengungkapkan hikmah dari permainann
  • anda dan Bunda menerangkan cara menangkap ikan yang baik ( tidak boleh menggunakan peledak, racun kimia dsb)
Sementara itu dulu, kita akan terus perbaharui informasi dan materi pramuka di blog ini. salam pramuka