PERKEMAHAN PENERIMAAN TAMU AMBALAN DAN TAMU PENEGAK SMK NEGERI 3 KUALA KAPUAS 2018


INDOENSIA SCOUT JOURNALIST #1500| KAPUAS : PERKEMAHAN SMK NEGERI 3 KUALA KAPUAS 2018
Pramuka SMK Negeri 3 Kuala Kapuas Gudep 01.049-01.050 Ambalan Bung Tomo Dewi Sartika, menggelar kegiatan Perkemahan Penerimaan Tamu Ambalan dan Tamu Penegak,  (28-29/09/2018) di Halaman SMK Negeri 3 Kuala Kapuas.

Ambalan Penegak atau sering hanya disebut Ambalan adalah satuan organik dalam Gerakan Pramuka yang terdiri atas paling banyak 32 orang Pramuka Penegak. Ambalan Penegak dibagi dalam 4 sangga yang masing-masing sangga terdiri atas 6 – 8 orang Pramuka Penegak. Ambalan Penegak merupakan tempat pembinaan Pramuka berusia 16 sampai 20 tahun yang disebut Pramuka Penegak.



Gerakan Pramuka menghimpun anggotanya dalam satuan dan kwartir. Satuan terdepan dalam pembinaan peserta didik adalah Gugusdepan. Dalam Gugusdepan yang lengkap terdapat Perindukan SiagaPasukan Penggalang, Ambalan Penegak dan Racana Pandega. Namun jika tidak memungkinkan, sebuah gugusdepan boleh hanya memiliki salah satu satuan saja semisal Ambalan Penegak.
Jum’at-Sabtu, 28-29 September 2018 merupakan Kegiatan Tiap Tahunnya untuk SMK Negeri 3 Kuala Kapuas Gudep 01.049-01.050, khususnya kelas X yaitu kegiatan Ambalan didalamnya terdapat Program kerja dewan ambalan,

Penerimaan Tamu Ambalan yang merupakan serangkaian kegiatan yang dilakukan khusus dengan tujuan melantik sekaligus menerima calon Tamu Ambalan yang berpangkalan di Gugus Depan. Penerimaan Tamu Ambalan dapat dilakukan melalui beberapa cara diantaranya yaitu Perkemahan, Upacara atau Upacara saja. Namun dalam Pelaksanaanya, banyak pangkalan yang Melakukan Pelantikan Tamu Ambalan dengan Perkemahan dan Upacara.

Berbeda dari pangkalan yang lain, karena meninjau dari berbagai aspek termasuk program kerja ambalan yang sangat padat, Penerimaan Tamu Ambalan dan Tamu Penegak di Pangkalan SMK Negeri 3 Kuala Kapuas Gudep 01.049-01.050  dilakukan dengan meminimalisir kegiatan yang sangat padat dengan meringkas berbagai kegiatan tanpa mengurangi hasil dari kegiatan tersebut.  

Sebelum ucara pembukaan perkemahan dilakukan prosesi adat ambalan dengan melakukan penancapan Mandau dan  Tombak Pusaka Ambalan sebagai penanda adat Ambalan pada saat kegiatan tersebut dan upacara ini bertugas sebagai pembina upacara adalah kak Dr. Usup yang pada saat itu menggantikan Ka.Mabigus SMK Negeri 3 Kuala Kapuas Gudep 
01.049-01.050 yang berhalangan hadir.





Add caption
Kegiatan ini dilaksanakan dari jum’at pagi sampai sabtu siang. Dengan senang mereka mengikuti kegiatan tersebut. Terlihat rapi ketika Upacara Pembukaan Dimulai,







Menurut Kak Usup disela amanatnya, “jika Dasa Dharma ke 10 diamalkan dalam kehidupan sehari-hari tidak ada anak bangsa ini yang sering bertengkar, malas, tidak displin dan melakukan kegiatan-kegiatan penyimpangan sosial yang berakhir pada kehancuran. Maka dengan adanya kegiatan Pramuka khususnya di pangkalan SMK Negeri 3 Kuala Kapuas dapat membawa perubahan” pangkasnya.


Redaksi : Satriawan
#isj1515
#ISJ:PEWARTA BERITA PRAMUKA


Add caption

Add caption
Add caption
Add caption