PRAMUKA SMKN 3 KUALA KAPUAS AKSI PEDULI KEBAKARAN



INDONESIA SCOUT JOURNALIST #1500 KALTENG - Pasca kebakaran sekolah MIS & MA Desa Simpang Bunga Tanjung, Kecamatan Kapuas Kuala, Kabupaten Kapuas beberapa hari lalu  (Jum'at/04/01/2019), cukup mendapat perhatian dari beberapa pihak.
"Kami bersama-anak Pramuka SMKN 3 Kuala Kapuas melakukan aksi peduli kebakaran di beberapa titik. Aksi ini dilakukan karena sebagai anggota Pramuka, kita harus peduli dengan keadaan saudara kita yg mengalami musibah kebakaran. Pramuka tidak membeda-bedakan suku ras atau golongan,
Misi kemanusiaan ini langsung dipimpin oleh Kak Satriawan selaku pembina Pramuka SMKN 3 mendampingi adik-adik Pramuka untuk menggalang dana, dan masyarakat tampak menyambut baik aksi yang dilakukan adik-adik Pramuka. Masyarakat juga  sangat antusias membantu para korban kebakaran seikhlasnya melalui aksi yang digelar di beberapa titik, seperti di fery besar, Persimpangan  lampu merah Jl.A.Yani, dan Persimpangan lampu merah, Jl.Patih Rumbih serta pasar Danau Mare Kuala Kapuas.


Diterangkan Kak Satriawan, kegiatan ini sendiri merupakan wujud pengamalan “dasa darma pramuka”, dan “tri satya”. Dasa dharma adalah sepuluh perbuatan baik yang wajib dilakukan pramuka, sementara tri satya adalah tiga butir janji pramuka.
“Ini merupakan wujud nyata dari anggota pramuka dalam mengamalkan dasa darma ke lima yaitu ‘rela menolong dan tabah’. Dan tri satya poin ke dua yakni ‘menolong sesama hidup dan mempersiapkan diri membangun masyarakat’,”tambah Kak Satriawan lagi.
Satriawan juga mengharapkan aksi galang dana ini bisa menjadi pembelajaran bagi adik-adik agar selalu peduli dengan sesamanya. "Mudah-mudahan adik-adik Pramuka di tengah-tengah masyarakat bisa menjadi manusia yang berbudi pekerti yang baik dan bisa menjadi manusia yang bisa bermanfaat bagi masyarakat," pungkasnya dengan penuh semangat. (Satriawan)

(Kamis, 08/01/2019)
#ISJ1515