Napak Tilas 2017 SMK NEGERI 3 KUALA KAPUAS

Berawal dari kegiatan TKK Pengembara dan Penyelesaian SKU Penegak Bantara yang dilaksanakan tiap tahunnya, muncullah ide utk mengadakan kegiatan Napak Tilas ini. Awalnya Pembina Pramuka Kak Satriawan dan Kak Ali mau mengadakan Napak Tilas dalam lingkup peserta didik Anggota Pengurus Dewan Ambalan untuk memperingati Baden Powell Day yang lahir 1857-2017.  Konsep tersebut berubah menjadi peserta tidak hanya dalam lingkup SMK NEGERI 3 KUALA KAPUAS, tapi membawa dari peserta luar gugus depan lainnya.Banyaknya permintaan dari peserta didik dari gugus depan lain itu, menghasilkan keputusan dari pembina untuk mengajak peserta dari gugus depan lain bergabung mengikuti Napak Tilas 2017.

Napak Tilas ini bukan sekedar berjalan kaki saja ,namun peserta di wajibkan menggali perjalan sejarah pahlawan di Kecamatan Anjir Serapat Tengah Kabupaten Kapuas Provinsi Kalimantan Tengah.

Di pilihnya Lokasi  tersebut, karena banyak masyarakat Kapuas yang tidak mengetahui bahwa ada pejuang yang gugur dalam menghadi tentara Belanda pada tanggal 18 Desember 1845

Masih banyak lagi sejarah yang belum terungkap. Hasil survei oleh Kak Satriawan dan kak Ali d lokasi makam (8/03/2017). Seorang perempuan yang masih hidup umurnya kurang 100 tahun. Hasil wawancara kami, sebut saja Datu. Dia adalah pemilik rumah yang di depan rumahnya didirikan monumen pahlawan dan makam pahlawan yang gugur d peristiwa tersebut. Beliu mempunya anak 10 dan menurunkan 4 generasi(anak, cucu, bunyut, dan tatung )

Untuk lebih spesifik mengetahui sejarah pahlawan Anjir Serapat Tengah.
Bergabung lah dan ikuti Napak Tilas 2017 SMK NEGERI 3 KUALA KAPUAS


journalist
Satriawan