DEWAN AMBALAN KEMBALI DILANTIK


SMK NEGERI 3  KUALA KAPUAS - Sebanyak 22 orang sore ini dilantik menjadi Dewan Ambalan gugus depan 01.049-01.050 pangkalan SMK Negeri 3 Kuala Kapuas dengan masa bakti selama satu tahun 2019-2020, Kamis (31/01/2019).
 




Dewan Ambalan adalah suatu wadah pembinaan kepemimpinan yang terdiri dari para pramuka penegak yang sudah dilantik dan bertugas merencanakan, mengelola, serta menggerakkan kegiatan di ambalan yang bersangkutan dengan bimbingan pembinanya.





Pembentukan dewan ambalan bertujuan memudahkan penghimpunan, pengelolaan, penggerakkan dan pengarahan peserta didik dalam pelaksanaan kegiatan pramuka penegak untuk mencapai tujuannya.

"Saya berharap dengan dibentuknya dewan ambalan ini dapat mengelola kegiatan kepramukaan di pangkalan SMK Negeri 3 Kuala Kapuas dengan lebih baik dengan program-program yang telah dirancang serta program-program kegiatan yang belum selesai pada pada periode sebelum agar bisa dilanjutkan kembali ", ujar Wakil Kepala Bidang Kesiswaan Kak Dr. Usup dalam sambutannya dalam upacara pelantikan ini.

"Ekstra kurikuler Pramuka merupakan eskul wajib dalam kurikulum 2013, tempat atau wadah untuk berkreativitas  bakat dan minat serta mengembangkan potensi diri yang ada, saya berharap para penegak yang terpilih dalam dewan ambalan mampu membuat kegiatan kepramukaan yang kreatif dan inovatif sehingga semua anggota senang dalam mengikuti kegiatan ini"






Pradana Putra yang terpilih  Muhammad Yusup dan Putri Rahma Sari sebagai Pradana Putri menggantiakan M.Ikhsan dan Yuricke Dwi Nata selama satu tahun periode 2019-2020. Mereka mengatakan, "kami  akan berusaha menjalankan amanah ini dengan sebaik-baiknya dan memotovasi anggota untuk aktif mengikuti kegiatan kepramukaan"

.

Dalam organisasi kepramukaan, setiap anggota dituntut untuk bertanggungjawab dan aktif dalam kegiatan organisasi tersebut. Hal itu tentunya memberikan pengalaman yang sangat berguna, terutama dalam dunia kerja. Selain kemampuan akademik, kemampuan organisasi juga sangat diperhitungkan dalam seleksi masuk pekerjaan. Jiwa pramuka yang disiplin, cakap dalam berpikir, sopan, dan bertanggungjawab sangat dibutuhkan dalam kehidupan dewasa.

...............................
Redaksi Satriawan
Journalist ISJ #1515